Alaynisme

Image

Alay adalah sebuah istilah yang merujuk pada sebuah fenomena perilaku remaja di Indonesia. “Alay” merupakan singkatan dari “anak layangan” atau “anak lebay”. Istilah ini merupakan stereotipe yang menggambarkan gaya hidup norak atau kampungan. Selain itu, alay merujuk pada gaya yang dianggap berlebihan dan selalu berusaha menarik perhatian. Seseorang yang dikategorikan alay umumnya memiliki perilaku unik dalam hal bahasa dan gaya hidup. Dalam gaya bahasa, terutama bahasa tulis, alay merujuk pada kesenangan remaja menggabungkan huruf besar-huruf kecil, menggabungkan huruf dengan angka dan simbol, atau menyingkat secara berlebihan. Dalam gaya bicara, mereka berbicara dengan intonasi dan gaya yang berlebihan. Di Filipina terdapat fenomena yang mirip, sering disebut sebagai Jejemon. Alay merupakan sekelompok minoritas yang mempunyai karakterisitik unik di mana penampilan dan bahasa yang mereka gunakan terkadang menyilaukan mata dan menyakitkan telinga bagi mayoritas yang tidak terbiasa bersosialisasi dengannya. Biasanya para Alayers (panggilan para Alay) mempunyai trend busana tersendiri yang dapat menyebar cepat layaknya wabah virus dikalangan para Alayers yang lain, sehingga menciptakan satu keseragaman bentuk yang sedikit tidak lazim.

(wikipedia)

Gak kebayang, ada berapa jumlah “makhluk alay” di dunia ini, mereka menyebarkan suatu faham yang bernama ALAYNISME, banyak orang terjangkit dan terjebak dalam kondisi ALAY ini, jujur aja, dari lubuk hati yang paling dalam, gue jg pernah terjangkit dan terjebak pada virus alaynisme “nyaris akut”, tapi berkat doa dan dukungan keluarga serta teman-teman (*serpihan virus alay masih menempel, terlihat dari bahasa tulisan*) akhirnya gue dinyatakan 98% sembuh, thanks god ;’) , tapi…. problematika ini belum selesai, kini masih ada dan banyak teman-teman gue masih yg terjangkit syndrome ini, tak terkecuali teman di facebook gue, for the fact, check it!

Image

*Sudah niat banget mau move on

Oke kita sadar dia adalah rakyat biasa yang khilaf karena telah alay, tapi apa jadinya jika Menteri juga alay, dan apalagi Menkominfo Indonesia  (oh no~)

Image*pak Tifatul juga (pernah) terjangkit alaynisme

 

Yaps, itulah bukti segelintir orang yang masih dan pernah terjangkit ODA (Orang Dengan Alaynisme), 1 hal yang dapat kita

lakukan kawan adalah mendoakan dan mensupport mereka yang masih terjebak dalam kondisi dibawah gemerlap alaynisme untuk dapat diberikan kekuatan untuk segera move on dari kondisi itu, seperti tulisan “Move On” yang ada di tangan perempuan diatas, jangan jauhi mereka, rangkul dan support (slogan ODHA).

Sekian.

*Bonus pose dan style*

Image

*pose berfoto yang pernah sempat nge-tren ditahun 2010-an

Image

*Style yang juga pernah dan kayaknya masih eksis sampe sekarang

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: